Home / DIY / Tips mudah cara membuat photo wood dengan print foto di kayu

Tips mudah cara membuat photo wood dengan print foto di kayu

Tips mudah cara membuat photo wood

 

Photo wood dalam bahasa indonesianya foto di kayu, merupakan sebuah cipta karya baru yang unik, dimana kita bisa mengkreasikan sebuah photo atau gambar pada media kayu.

Jangan mengira bahwa Membuat photo wood itu sesuatu yang rumit. Photo Wood bisa dilakukan oleh semua orang, karena alat dan bahannya sangat sederhana, mudah didapatkan dan dengan harga terjangkau.

Namun yang paling utama, agar bisa menghasilkan sesuatu yang bernilai tinggi dari sebuah foto wood adalah gambar atau desain yang akan dicetak pada media kayu tersebut. Ah, itu dipikir belakangan saja, urusan desain bisa minta tolong ke teman. Yang penting ketahui caranya dulu bagaimana membuat photo wood berikut ini :

Membuat foto wood yang dimaksud di sini adalah mencetak desain atau photo yang kita print dari komputer atau dari gadget kesayanganmu untuk ditranfer pada sebuah media kayu. Jadi jangan berfikir kita memerlukan print yang bisa mencetak di kayu. Berikut ini alat dan bahan membuat photo wood.

Alat dan Bahan mem buat photo wood:

  1. Kuas atau busa, atau kain untuk mengoleskan lem putih
  2. Media kayu, kayu yang digunakan harus berkualitas bagus, halus, rata, dan tidak berlubang-lubang. Ukurannya menyesuaikan kertas photo.
  3. foto atau desain gambar yang di cetak pada kertas foto, untuk kertas photonya yang tipis saja. Kalau mau coba coba bisa pakai kertas HVS 80 gram.
  4. Lem putih, pilihan termurah ada pada lem fox, kemudian Mod podge atau bisa juga magic gloos gell)

Langkah pengerjakan membuat photo wood

Olehkan lem putih pada permukaan media kayu dan photo secara merata dengan menggunakan kuas. Photo yang diolesi adalah bagian depan, bukan belakang photo.

 

Setelah lem kayu merata di media kayu dan photo, tempelkan foto pada media kayu hingga benar benar menempel rekat pada seluruh permukaan, sehingga tidak ada rongga atau gelembung udara. Karena apabila ada rongga udara antara photo dan kayu, hasilnya nanti tidak akan maksimal.

Setelah semuanya menempel rata, tunggulah sekitar 3 atau 4 jam, hingga lem benar-benar mengering.

Setelah lemnya mengering, selanjutnya adalah melepas kertas photo dari media kayu. Dengan cara membasahi terlebih dahulu ketas foto, kemudian dikelupas pelan-pelan, hingga seluruh kertas photo terkelupas. Jika berhasil, photo yang tadinya ada di kertas photo akan beralih pada media kayu.  selanjutnya kuas permukaan photo, agar photo lebih kuat merekat di kayu,

Untuk hasil yang lebih maksimal lagi, bisa kamu cat dengan cat aerosol atau pilox warna clear atau bening.

Sangat mudah bukan, silahkan mencoba membuat photo wood sendiri di rumah. Photo wood bisa kamu gunakan untuk hadiah ulang tahun, perpisahan atau bisa juga sebagai ladang bisnis.

 

 

About ridwan

Saya Ridwan Hobi banget sama yang namanya dunia gadget,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *