Home / tips / Tips Merawat Layar Kaca Smartphone – Gorilla Glass pun bisa pecah

Tips Merawat Layar Kaca Smartphone – Gorilla Glass pun bisa pecah

Tips Merawat Layar Kaca Smartphone

Saat ini sebagian besar smartphone kelas menengah ke atas, bagian layarnya telah dilapisi dengan Gorilla Glass. Yaitu layar khusus yang memberikan perlindungan pada layar smartphone atau gadget layar sentuh lainnya, sehingga mampu memberikan perlindungan dari goresan-goresan yang tidak diinginkan. Telah hadir berbagai merk pelindung layar seperti Oleophobic Coatin, Scratch-Resistan Glass, Corning Gorilla Glass, Dragontrail Glass.
Mereka semua menawarkan keunggulan pada produk mereka, dimana layar yang dilapisi oleh pelindung layar tersebut mampu bertahan dari berbagai goresan yang tidak disengaja. Dan memang sudah terbukti, misalnya pada Gorilla Glass, yang paling layar menempel pada smartphone menengah ke atas. Gorilla Glass telah tertuji mampu bertahan terhadap goresan.

Tips Merawat Layar Kaca Smartphone

Meski layar smartphone telah dilapisi dengan lapisan pelindung, bukan berarti layar smartphone kamu telah aman 100%, lantas kamu mengabaikan unsur-unsur yang bisa membahayakan layar smartphone kamu. Perlu kamu ketahui bahwa beberapa jenis lapisan pelindung tersebut diatas kebanyakan hanya menawarkan kemampuan anti gores, bukan anti pecah. Apalagi jika yang digunakan adalah anti gores versi lama, tentu kekuatannya pun berbeda. Seperti gorilla glass. Dari gorilla glass versi 1 hingga 3, pihak corning selaku produsennya belum berani mengklaim kaca buatannya anti pecah. Mereka hanya mengatakan mampu bertahan dari berbagai goresan. Corning baru berani mengklaim anti pecah pada Gorilla Glasss versi 4, dan itupun saat ini hanya akan ada pada smartphone kelas premium. Untuk smartphone dengan harga terjangkau tentunya akan menggunakan versi lama untuk menekan harga agar lebih murah.

Kasus Layar Gorilla Glass Xaomi Remi 1S

layar smartphone yang telah dilapisi gorilla glass 2 pun bisa pecah, jika handphone atau smartphone jatuh dalam ketinggian tertentu. Salah satunya yang dialami oleh Xiaomi Redmi 1S milik penulis yang tanpa sengaja jatuh dari meja dengan ketinggian sekitar 1 meter. Handphone jatuh dengan posisi layar berada dibawah dan terkena benturan secara langsung dengan lantai keramik. Saat itu handphone juga tidak menggunakan hardcase, leatercase, ataupun silicone case, sehingga layar dan body smatrphone sama sekali tidak terlindung oleh apapun.

Cara melindungi layar smartphone

Dari uraian yang telah dipaparkan di atas, bisa disimpulkan bahwa kita tetap harus berusaha melindungi layar sekalipun layar telah mengadopsi pelindung layar khusus. Berikut ini beberapa tips dari penulis agar layar smartphone kamu tetap awet. mengingat harga layar sendiri tidak murah, bahkan bisa sampai setengah dari harga smartphone. belum lagi apabila yang mengerjikan service center bisa lama waktu pengerjaannya.

  1. Hati hati dalam penggunaan handphone, jangan letakkan handphone ditempat yang rawan, seperti di ujung meja, atau ditempat tempat yang mudah tersenggol tanpa sengaja hingga menyebabkan jatuh.
  2. Gunakan pelindung body handphone, seperti hardcase, silicon case atau leather case. Sangat disarankan untuk menggunakan leathercase seperti dompet yang mampu menutupi layar handphone. Sehingga apabila handphone jatuh secara tidak segaja, layar layar handphone insyaAllah akan tetap terlindungi. Leathercase jenis ini biasanya kombinasi dari silicone case dan ditempeli bahan dompet khusus
  3. Jangan terlalu yakin pada lapisan pelindung layar, hingga kamu mengabaikan keselamatan layar handphone kamu. Jadi jika kamu memiliki dana lebih, silahkan tambah perlindungan layar dengan Tempered Glass Screen Protector, sebuah produk pelindung layar yang diklaim mampu melindungi layar ketika jatuh. harga Tempered Glass Screen Protector sekitar 200 ribuan untuk layar dengan luas 5 inci. semakin luas layarnya, akan semakin mahal juga harganya.

pelindung kaca smartphone

Semoga uraian diatas bisa bermanfaat bagi kamu, terutama dalam menjaga layar smartphone agar tetap terlindungi, aman, tidak pecah, sehingga bisa memperpanjang usia handphone kamu.

 

About ridwan

Saya Ridwan Hobi banget sama yang namanya dunia gadget,

Check Also

Cara menambah bahasa Indonesia di Xioami redmi 1S

Beberapa waktu lalu, kami mengulas mengenai Cara Menambah Bahasa Indonesia di Xiaomi Redmi Note 3G …

83 comments

  1. Min, klo di madiun tempat service kaca depan merk xiaomi redmi note 4 dmn? Aku gk pake pelindung kaca, kaca depannya pecah, tapi lcd tidak pecah. Kisaran harganya brp min?. Suwun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *