Home / Review / Review Sony Xperia T3 – Android 5 inci dengan body tipis

Review Sony Xperia T3 – Android 5 inci dengan body tipis

Review Sony Xperia T3

sony xperia t3

Sony berusaha untuk tetap inovatif dengan terus menghadirkan berbagai macam smartphone yang bervariasi, baik dari sisi harga maupun spesifikasinya. Sony Xperia T3 adalah salah satunya. Sony Xperia T3 merupakan penerus dari pendahulunya yang yaitu Sony Xperia T2 Ultra, padahal seri T2 baru saja beberapa bulan hadir di pasaran, namun dalam rentang waktu yang tidak lama sony telah menghadirkan penerusnya.  Di sini terlihat bahwa sony begitu agresif dalam menghadirkan banyak pilihan bagi konsumen.

Desain Fisik

Ulasan Sony Xperia T3 kita mulai dari desain fisik. Desain kotak dan sedikit kaku masih menjadi ciri khas dari Smartphone xperia buatan sony. Desain ini hampir tidak berbeda dari jajaran smartphone xperia. Meskipun terlihat kotak, namun di setiap sisinya terdapat lekukan halus yang akan memberikan kenyamanan pada pengguna ketika menggenggamnya. Apalagi ia memiliki ukuran ketebalan yang tipis yaitu hanya 77 mm. Selain ukuran yang tipis, pada bagian sisi kanan dan kiri smartphone belayar 5,3 inci  ini dilapisi dengan bahan glosi yang cantik, sehingga memberikan kesan elegan dan premium.

Bodi plastik Sony Xperia T3 mengusung bahan plastik dengak tekstur dop yang kuat dan terasa kesat saat tangan menggenggam. Sementara itu di sisi frame disematkan bahan metal stainless yang memberikan kesan sedikit mewah.

Untuk tombol navigasi fisik hanya tersedia tombol On Off dan volume, dan kamera. Mereka berada di kanan body. Posisi tombol tersebut tentunya sudah sangat pas, karena pengguna bisa mematikan dan menghidupan layar ketika tangan menggenggam smarpthone. Lubang untuk masukkan memori eksternal microSD dan SIM juga ada di sebelah kanan, sehingga di sisi kiri tidak ada sama sekali tombol, hanya ada sebuah lubang port usb untuk mengisi daya dan menghubungakn ke PC atau memasukkan kabel USB OTG untuk menghubungkan ke flashdisk.

Layar

 Sony Xperia T3 mengusung layar berukuran 5,3 inci yang memberikan kesan luas. Dengan layar yang luas pengguna jadi bisa lebih leluasa dalam menavigasi menu menu yang ada pada smartphone, Begitu juga ketika menonton video HD ataupun bermain video game juga terasa puas.

Layar 5,3 pada Sony Xperia T3 adalah layar sentuh kapasitif dengan dukungan teknologi IPS dengan jumlah warna 16 juta warna. Layar tersebut memiliki resolusi yang cukup tinggi untuk kategori layar berukuran 5,3 inci yaitu 720 x 1280 piksel. namun dengan tingkat kerapatan piksel yang tidak terlalu tinggi yaitu hanya 227 ppi.

Layar Sony Xperia T3 juga disematkan teknologi layar khas dari sony yaitu Triluminos dan Mobile BRAVIA Engine 2 sehingga mampu menampilkan gambar yang kualitasnya di atas rata-rata. Yaitu mampu menampilkan gambar lebih detail dengan pancaran warna yang alami, Selain itu layar Mobile BRAVIA Engine 2 juga mendukung Glove Mode, yaitu kemampuan layar untuk tetap mendeteksi sentuhan jari meskipun menggunakan sarung tangan

Dapur pacu dan Kinerja

Untuk urusan dapur pacu pihak produsen membenamkan prosesor yang cukup responsif dan powerfull pada Sony Xperia T3. Smartphone yang memiliki teknologi layar apik ini ditenagai dengan prosesor empat inti atau quad core. Prosesor tersebut memiliki clock speed masing-masing sebesar 1,4 Ghz, prosesor tersebut adalah Qualcomm MSM8928-2 Snapdragon 400. Sementara itu untuk RAM yang digunakan adalah berkapasitas 1 GB, sebuah kapasitas yang cukup dalam memberikan kenyamanan pada saat melakukan multitasking. Sedangkan untuk penopang kinerja grafis, diusung Adreno 305 yang tergolong cukup apik dalam hal kinerja grafis

review sony xperia t3

Dari hasil pengujian menggunakan dua aplikasi benchmarks, yaitu AnTuTu and Quadrant. Sony Xperia T3 memperoleh skor 19924 dengan aplikasi AnTuTu, sedangkan dengan Quadrant memperoleh skor 10.324. Sebuah skor yang cukup bagus untuk smartphone kelas menengah ke atas.
Namun, meski telah mengusung spek yang cukup tinggi, ketika dilakukan untuk pengujian video game hasilnya kurang memuaskan. Sony Xperia T3 yang mengusung Adreno 305 ini kurang bagus ketika memainkan video game jenis FPS seperti Shadowgun: Deadzone. Ini terbukti dengan adanya sedikit lag ketika melakukan tembakan. Sedangkan untuk memainkan game seperti Temple Run dan Angry Birds terasa sangat nyaman.

Kamera

Dalam hal fotografi Sony Xperia T3 mengusung kamera utama berkekuatan 8 mp, dengan resolusi maksimum sebesar 3264 x 2448 piksel. Kamera tersebut dilengkapi dengan beragam fitur cantik mulai dari autofocus, lampu LED flash, Geo-tagging, touch focus, face and smile detection, HDR, panorama, Image stabilizer; Perekam video 1080p@30fps, SteadyShot, HDR video; Kamera sekunder : 1.1 MP, Video 720p@30fps; Superior Auto, Manual, Timeshift burst, AR effect, Creative effect, Sweep Panorama, Social life, Portrait retouch.

kamera sony xperia t3

Kualitas kamera 8 mp milik Sony Xperia T3 ini terbilang cukup bagus, ia mampu mengambil gambar sangat detail, gambar pohon, dedaunan, mampu tampil dengan warna warni yang alami. Namun ada satu masalah, yaitu ketika kurangnya cahaya yang memadai, sehingga ketika kurang cahaya hasil foto akan tampak kusam. Hal itu bisa diatasi dengan menggunakan fitur HDR, namun akan membuat ukuran file foto menjadi sangat besar.

Sedangkan untuk kamera depan yang berkekuatan 1,1 Mp mampu mengambil foto selfie dengan baik, sesuai dengan standar kamera depan.
Sementara itu untuk kemampuan perekaman video, meskipun mampu merekam video HD pada tingkat 1080p, namun hasil rekaman video terkadang tampak seperti bendera yang melambat. Padahal kondisi tangan ketika melakukan perekaman sangan stabil atau bahkan tidak ada getaran.

Software

Sony Xperia T3 mengusung sistem operasi besutan google yang paling baru yaitu android Kitkat versi 4.4.2 yang menawarkan berbagai peningkatan dari versi sebelumnya. Tentunya sistem operasi tersebut telah dimodifikasi oleh Sony Sehingga menyajikan tampilan antar muka khas sony xperia.

sony xperia t3

Selain OS terbaru, Sony Xperia T3  juga telah dilengkapi dengan beragam aplikasi bermanfaat bagi pengguna seperti eoReader, Facebook, Sony Select, What’s New, Walkman, Socialife News, Video Unlimited, TrackID, Smart Connect, Support, TrackID TV, Update Centre, Office Suite, File Commander, Navigation by Garmin, Xperia Lounge, Sketch dan Pixlr Express

Penyimpanan dan Koneksi

Dalam hal penyimpanan, Sony Xperia T3 menyuguhkan dua macam penyimpanan, yaitu penyimpanan internal dan ekternal. Untuk penyimpanan internal disediakan memori eMMC berkapasitas  8 GB. Namun sebagain telah disedot untuk menyimpan file sistem operasi aplikasi bawaan, sehingga yang bisa digunakanoleh pengguna hanya sekitar 6 GB. Sedangkan untuk penyimpanan eksternal, disediakan sebuah slot microSD yang berada di samping sisi kanan handphone. Dengan slot tersebut pengguna bisa meningkatkan kapasitas saimpan hingga 32 GB

Sony Xperia T3 merupakan smartphone yang mengusung jaringan GSM. Ia menyediakan akses internet yang memiliki kecepatan cukupan dengan dukungan 3G HSDPA, GPRS dan EDGE. Untuk koneksi nirkabel tersedia tiga macam mulai dari wifi yang telah mendukung hostpot, wifi direct, dan DLNA. Bluetooth versi 4 yang mampu melakukan transfer data lebih cepat don konsumsi daya rendah, dan juga NFC.
Sementara itu untuk koneksi dengan kabel, disediakan port usb yang mendukung USB OTG, sehingga selain bisa dibaca melalui komputer atau laptop. Sony Xperia T3 juga bisa membaca atau mendeteksi perangkat penyimpan portable seperti flashdisk.

Pilihan warna

pilihan warna sony xperia t3

Meskipun memiliki desain yang sedikit kaku, namun dalam hal warna ia tersedia dalam tiga pilihan yaitu hitam, putih dan purple. harga baru Sony Xperia t3 adalah Rp. 4.500.000, memang terlihat lebih mahal jika dibandingkan dengan ponsel lokal yang dengan harga di bawah 3 juta sudah mendapatkan prosesor quad core.

Harga

Sebagai smartphone buatan produsen berkelas dunia, spesifikasi yang cukup tinggi seperti di atas tidak mungkin dijual dengan harga yang terjangkau. Harga baru

 

Daya tahan baterai

Berdasarkan hasil uji yang telah dilakukan, Sony Xperia T3 terbukti memiliki daya tahan baterai yang bisa diacungi jempol. Dengan kapasitas baterai sebesar 2500 mAH Sony Xperia T3 bisa berlangsung selama 11 jam 6 menit.

About ridwan

Saya Ridwan Hobi banget sama yang namanya dunia gadget,

Check Also

Review Samsung Galaxy V SM-G313HZ – Andoird Murah Kinerja dan kamera bagus

Review Samsung galaxy V Samsung galaxy V merupakan salah satu produk terbaru samsung yang menyasar …

3 comments

  1. Mau Tanya app untuk root Sony Xperia m c2005 APA sih?

  2. kalo xperia T3 ini gak waterproof kayak seri Z yah?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *