Home / Artikel / Pengertian Root Android – Apa Fungsi dan Guna Root pada android ?

Pengertian Root Android – Apa Fungsi dan Guna Root pada android ?

Pengertian root Android dan apa fungsinya

pengertian root android fungsiBagi kamu yang masih awam dalam sistem operasi android mungkin dibingungkan dengan istilah Root. Misalnya ketika kita gagal menginstal aplikasi tertentu, kemudian muncul peringatan bawah smartphone android kita belum diroot. atau handphone harus diroot terlebih dahulu agar bisa menginstal aplikasi. Sebenarnya apa sih root itu? Berikut penjelasan lengkap mengenai root pada android :

Pengertian Root android

Root dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai akar atau sebagai dasar ; tidak jauh berbeda dengan istilah bahasa, pengertian root android merupakan suatu system account yang memiliki kekuasaan multak, tertinggi atau absulut untuk mengakses dan mengeksekusi semua file, command, system, dalam sistem operasi berbasis linux, salah satuny adalah android. Dalam bahasa sederhananya dengan root memungkinkan pengguna untuk mengakses tanpa batas, bisa mengubah, menghapus, menambah, bahkan merusak semua yang ada di dalam sistem operasi.

Fungsi root android

Fungsi root pada android adalah untuk memberi hak akses penuh bagi pengguna smartphone android agar bisa masuk ke sistem dasar android. melalui root, pengguna dapat menambah, mengurangi maupun memodifikasi file-file atau data-data yang terletak pada sistem Android yang bila dalam keadaan standar (belum root) file-file tersebut tidak dapat di akses. Apabila diistilahkan dalam windows, tingkatan root sama dengan administrator, dimana ia diberi hak untuk bisa melakukan apa saja dalam sistem windows

 

Mengapa android tidak diroot dari pabrik

Seperti yang telah kita ketahui bahwa secara default atau bawaan pabrik, hampir seluruh smartphone android yang tersebar di dunia ini masih dalam kondisi unroot atau tidak diroot. Mengapa? Berikut ini alasannya :

Untuk Menjaga System Files Android

Sistem operasi tersususn dari banyak system filse, dengan rooting akan membuka semua sistem keamanan sehingga pengguna bisa mengutak-atik semua file yang ada di sistem sekalipun. tentu saja hal ini akan sangat berbahaya apabila pengguna awam yang melakukannya. OS android yang terinstal pada smartphone tidak sesederhana windows pada komputer yang bisa dengan mudah diinstal ulang. Ketika system files pada android terhapus maka android tidak akan bisa berjalan semestinya bahkan kemungkinan terburuk handphone tidak bisa digunakan. Untuk menghindari hal tersebut, maka root pada android tidak dibuka secara defaul.

Untuk Kepentingan Penyedia layanan

Apabila kita membeli smartphone Android dalam paket bundling dengan operator tertentu, smartfren misalnya, maka biasanya akan ada beberapa aplikasi buatan operator tersebut yang tidak bisa dihapus. Hal tersebut tentu saja sengaja dilakukan oleh operator itu untuk kepentingan mereka seperti promosi dan lainnya.

Itulah ulasan kam mengenai apa pengertian root dan fungsinya, semoga informasi di atas bermanfaat bagi kamu yang membutuhkan

  • - - - - - - - - -
  • fungsi root hp, fungsi root android, fungsi root, fungsi hp di root, Apa fungsi root, apa fungsi root hp, guna root, apa gunanya root, fungsi roo, apa guna root,

    About ridwan

    Saya Ridwan Hobi banget sama yang namanya dunia gadget,

    Check Also

    Pengertian Prosesor 64 bit 32 bit – Kelebihan dan Kekurangannya

    Pengertian Prosesor 64 bit 32 bit Belakangan ini kita disuguhkan informasi mengenai berlomba lombanya para …

    3 comments

    1. Oke, Min. Thanks atas infonya, ane kira root bakal bikin hp ancur ternyata enggak juga….

    2. Untuk pengguna awam seperti saya yg cuma mau in app purchase, apa yg hrs dihindari setelah hp di root. Agar tidak terjadi kerusakan atau kesalahan otak atik sistem. Trm kasih.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *