Home / Artikel / Pengertian Prosesor 64 bit 32 bit – Kelebihan dan Kekurangannya

Pengertian Prosesor 64 bit 32 bit – Kelebihan dan Kekurangannya

Pengertian Prosesor 64 bit 32 bit

Belakangan ini kita disuguhkan informasi mengenai berlomba lombanya para produsen dalam menghadirkan smartphone dengan dukungan prosesor 64 bit. mengapa 64 bit begitu heboh diberitakan, Sementara 32  bit tidak ramai digaunkan oleh produsen?  Apa sih 64 bit itu? apa saja kelebihan dan kekurangan prosesor 64 bit? mari kita ulas secara sederhana di bawah ini :

Pengertian bit.

Pembahasan mengenai prosesor 64 bit akan sedikit rumit jika tidak dimulai dari dasar. Jadi sebelum membahas prosesor 64 bit yang rumit kita mulai dari pengerti bit sendiri. Pada sistem komputer, jumlah bit merupakan suatu ukuran data yang dialirkan dan juga merupakan kapasitas dari registri data base yang dipakai untuk menyimpan informasi. 1 bit terdiri dari dua nilai komputasi, yaitu 1 dan 0.  Prosesor dengan kapasitas 32 bit bisa menampung 64 nilai komputasi. Sedangkan prosesor 64 dapat menampung sampai 256 nilai komputasi, bisa diartikan bahwa 64 menampung 4 kali lebih banyak dari 32 bit.

pengertian prosesor 64 bit

Sejarah singkat Artitektur 64 bit

Seperti yang telah kita ketahui, prosesor pada awalnya hanya digunakan pada perangkat komputer, kemudian dikembangkan untuk handphone hingga disebutlah smartphone. jauh sebelum prosesor 64 bit digunakan pada smartphone, Perangkat komputer telah mengadopsi prosesor 64 bit. Prosesor 64 bit pertama dirilis oleh AMD dengan seri AMD Althon 64. Setelah itu munculah berbagai seri prosesor 64 bit. Lalu pada tahun 2013, prosesor 64 bit mulai merambah ke smartphone. Apple Iphone 5s merupakan yang pertama yang mengadopsi prosesor 64 bit untuk perangkat mobile smartphone. Google pun tidak ingin ketinggalan, ia merilis android Lolipop yang mendukung arsiterktur 64 bit. Dan di tahun 2015 inilah para produsen memerkan smartphone terbaru mereka dengan prosesor 64 bit.

Kelebihan dan kekurangan prosesor 64 bit

Apa saja kelebihan dan kekurangan prosesor 64 bit ?

Kelebihan Prosesor 64 bit

Sewajarnya, angka yang lebih tinggi akan menawarkan kemampuan yang lebih baik. Apa saja kelebihan dari prosesor 64 bit. Simak kelebihan prosesor 64 bit dari kinerja, memori serta aplikasi di bawah ini :

Dari sisi kinerja, ketika kamu menggunakan smartphone dengan prosesor 64 bit kamu tidak akan merasakan perbedaan secara langsung. Namun 64 bit memiliki kinerja yang lebih baik dari 64 bit. Misalnya begini, apabila sebuah proses memerlukan nilai komputasi sebesar 128 bit. jika menggunakan prosesor 32-bit, proses tersebut akan diselesaikan dengan dua kali putaran, karena prosesor 32-bit hanya dapat menampung 64 nilai komputasi. sementara itu dengan prosesor 64-bit proses tersebut dapat diselesaikan hanya dengan satu kali putaran, karena prosesor 64-bit dapat menamping hingga 256 nilai komputasi. 64 bit lebih unggul dari 32 bit.

Dari sisi memori, faktor utama mengapa prosesor 64 bit dikembangkan adalah pada kapasitas memori. karena prosesor 32 bit hanya mendukung RAM hingga 4 GB saja. dengan perhitungan 2 ^ 32  = 4,2 miliar, nilai ini setara 4 GB.  Sementara itu prosesor 64 bit memiliki perhitungan 2^64 = 16 exabyte, nilai tersebut setara dengan 16 miliar gigabyte.

Dari sisi aplikaksi, prosesor 64 bit bisa menjalankan aplikasi yang dibuat dengan arsitektur 32 bit dan 64 bit, berbeda dengan prossor 32 bit yang hanya bisa menjalankankan aplikasi dengan arsitektur 32 bit saja.

Kekurangan prosesor 64 bit

Meski memiliki kelebihan, prosesor 64 bit juga memiliki kekurangan, antara lain sebagai berikut

Dari sisi kinerja , kemampuan prosesor 64 bit tidak bisa terasa secara langsung oleh pengguna. karena saat ini sebagian besar aplikasi yang beredar masih mengusung arsitektur 32 bit, jadi kemampuan 64 bit ini masih belum bisa terpakai semuanya untuk saat ini.

Dari sisi memori, Meskipun Prosesor 64 bit mendukung memori yang besar, namun kapasitas tersebut hanya bisa dipakai apabila kamu menjalankan aplikasi yang membutuhkan memori yang besar. padahal jarang aplikasi yang membutuhnkan memori besar, kecuali aplikasi tersebut adalah video game HD.

dari sisi aplikasi, saat ini aplikasi yang beredar belum membutuhkan arsitektur 64 bit. bahkan terkadang aplikasi 64 bit malah berjalan lebih lambat dari 32 bit karena aplikasi tersebut harus memakai semua alokasi bit yang dimiliki prosesor 64-bit. Selain itu aplikasi 64 bit juga memiliki ukuran yang lebih besar dari pada aplikasi 32 bit.

Dari semua kelemahan yang tersebut diatas adalah pada masalah dukungan aplikasi, jika melihat perkembangan prosesor 64 bit yang semakin meningkat, tentu para pengembang aplikasi 64 bit nantinya akan semakin banyak. jadi kekeurangan itu akan tertutupi seiring berjalannya waktu.

itulah sedikit ulasan mengenai pengertian prosesor 64 bit dan 32 bit serta kelebihan dan kekurangannya, semoga informasi di atas bisa dipahami dengan mudah dan dapat bermanfaat bagi kamu yang membutuhkan

  • - - - - - - - - -
  • pengertian 64 bit, pengertian 64 bit android, apa itu 64 bit, pengertian 32, arti 32 bit dan 64 bit android, pengertian 32 bit pada komputer, artinya 64bit, speksifikasi 64 bit dan 32 bits, arti dari ram 2 gb dan rom 16 gb, apa arti prosesor 64 bit,

    About ridwan

    Saya Ridwan Hobi banget sama yang namanya dunia gadget,

    Check Also

    Cara Update Android Oppo langsung dari Smartphone tanpa komputer

    Cara Update Android Oppo Oppo merupakan salah satu smartphone yang cukup laris manis di pasar …

    5 comments

    1. Semoga kedepannya bisa lebih baek lagi…tentang ulasannya..thx

    2. oooo begitu rupanya, mkasih gan atas ilmnya.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *