Home / Review / Kelebihan dan Kekurangan Sony Xperia M – Android menengah + NFC dan OTG

Kelebihan dan Kekurangan Sony Xperia M – Android menengah + NFC dan OTG

Kelebihan dan Kekurangan Sony Xperia M

Sony xperia M merupakan smartphone buatan dari Sony Jepang yang membidik pada segmen menengah, dimana ia dijual dengan harga yang tidak terlampau mahal namun juga tidak bisa dibilang murah, yaitu di bawah tiga juta rupiaah. Pada awal rilis harganya untuk yang dual sim sekitar 2 juta 7 ratus, sedangkan untuk single sim sekitar 2 juta lima ratus ribu rupiah. Selain harga yang cukup tidak terlalu mahal, xperia m juga memiliki spesifikasi yang cukup rasional dengan harganya ditawarkannya. Apalagi ia memiliki beberapa fitur yang tidak dimiliki oleh smartphone sekelas dari produsen lain. Ngomong-ngomong soal kelebihan, pastinya kamu penasaran kan, apa sih kelebihan sony xperia M ? lebih jelasnya simak di bawah ini !

Kelebihan Sony Xperia M

Layar

Kelebihan yang pertama kita mulai layar, karena bagian ini merupakan yang pertama kali dilihat oleh pengguna. Sony Xperia M mengusung layar 4 inci yang cukup ideal, dengan ukuran tersebut cukup nyaman bagi jari-jari ukuran normal dalam menavigasi menu menu yang ada pada layar, begitu juga ketika membaca teks. ukuran 4 inci tersebut juga tidak terlalu besar, sehingga tidak memakan banyak ruang pada bod,jadi mudah ketika dimasukkan dalam saku pakaian,

Kelebihan dan Kekurangan Sony Xperia M

Sementara itu untuk resolusinya juga cukup baik, dimana pada bentang layar 4 inci  layar memiliki resolusi 480 x 854, dengan kerapatan piksel 245 ppi, sehingga tampilan layar akan tampak lebih lembut dan tentunya nyaman dimata. Layar juga mampu tampil dengan baik ketika di bawah paparan sinar matahari langsung, alias tidak silau ketika mata kita melihat layar.

Layar juga dilapisi dengan lapisan pelindung jenis scratch-resistant glas, yang akan memberikan perlindungan pada layar dari goresan yang tidak diinginkan. Sehingga pengguna tidak perlu khawatir dan lebih leluasa dalam mengoperasikan handphone secara penuh.

Dapur pacu

Kelebihan Selanjutnya adalah dapur pacu, dapur pacu sangat menentukan nyaman tidaknya suatu handphone ketika digunakan. Untuk xperia M ini baik dual atuapun sigle mengusung prosesor dual core atau inti ganda dengan kecepatan 1 Ghz (Qualcomm Snapdragon S4 Plus MSM8227 Krait), meskipun 1 Ghz namun jenis yang digunakan adalah Krait, selain memiliki kinerja yang baik, ia juga dikenal dengan konsumsi daya yang lebih hemat.  Untuk RAM yg digunakan berkapasitas 1 GB, kapasitas tersebut tergolong cukup baik dalam menjalankan aplikasi secara bersamaan atau multitasking. Sementara itu untuk GPU atau unit pemrosesan grafis yang digunakan adalah Adreno 302, seri tersebut masuk dalam kategori high class, sehingga ia mampu memainkan video game HD dengan cukup baik.

score xperia m2

score xperia m

Dalam pengujian, kombinasi antara prosesor dan ram di atas, xperia m dapat berjalan dengan cukup baik, responsif dan cepat. Untuk membuka aplikasi ringan seperti SMS, browser, dapat berjalan dengan cepat, dan untuk berpindah dari satu task ke task lainnya dapat berjalan dengan lembut. Lalu Untuk aplikasi game HD juga berjalan cukup lancar, meskipun pada awal untuik loading agak lama sedikit.

Baterai

baterai pada sony xperia M berkapasitas 1750 Mah Li-ion, memang tergolong kecil, namun ia memiliki daya tahan yang cukup lama. apalagi xperia M dilengkapi dengan fitur stamina mode yang bisa membuat baterai lebih awet lagi. Baterai SOny Xperia m ini bisa masuk kategori baterai yang bisa dilepas, jadi kalau kamu kurang puas dengan kapasitas tersebut bisa mencari baterai doble power.

 

Fitur USB OTG dan NFC

Dua fitur ini merupakan fitur yang jarang ditemui pada smartphone sekelas dari merek lain. Dengan adanya dukungan USB OTG handphone bisa membaca data dari flashdisk, dan juga bisa ditancapi dengan perangkat inputan yang umumnya digunakan pada komputer yaitu keyboard dan mouse usb. Dengan fitur tersebut kamu bisa menyulap xperia M sebagai laptop mini yang bisa digunakan untuk melakukan olah data ringan, seperti mengetik sebuah dokumen.
Sementara itu NFC adalah fitur yang mirip seperti bluetooth yang bisa digunakan untuk melakukan transfer data antara perangkat, namun yang istimewa dari NFC adalah ia bisa digunakan untuk melakukan pembayaran secara elektronik, dengan cara mendekatkan handphone pada alat readernya. namun tentunya ini harga berlaku bagi pengguna yang telah memiliki kartu kredit dan hanya bisa digunakan pada tempat perbelanjaan yang telah mendukung teknologi NFC.

Kekurangan Sony Xperia M

Sedangkan untuk kekurangan yang ada pada Sony Xperia M adalah pada bagian penyimpana internal yang tergolong kecil, yaitu sekitar 1,5 Gb meskipun secara fisik 4 Gb, namun sebagian besar telah terpotong untuk menyimpan sistem operasi dan aplikasi bawaan dari sony. Dan yang bikin risau adalah, aplikasi tambahan yang didownload dari google playstore, secara defaul hanya bisa disimpan di memori internal, bisa sih dipindah ke penyimpanan eksternal atau microSD, namun dengan aplikasi pihak ketiga, dan harus di root terlebih dulu.

Fitur standar

Sementara itu untuk fitur lainnya seperti Kamera, GPS, Wifi, dan lain-lainnya masuk dalam kategori standar, tidak bisa dibilang lebih atau pun kurang, cukup sesuai dengan harganya.

Untuk kamera yang disematkan pada sony xperia M berukuran 5 mp dengan resolusi maksimum 2592 x 1944 piksel, sudah dilengkapi dengan fitur wajib, seperti auto fokus, lampu flash led. Geo-tagging, touch focus, image stabilization, HDR, panorama, dan ada kemampuan fitur macro juga. Lalu untuk Wifi bisa untuk hotspot, dan mendukung juga wifi direct yang bisa untuk melakukan transfer data antara perangkat yang memiliki wifi. Untuk GPS mendukung A-GPS saja, enggak pakai glonass. tapi juga sudah cukup baik dalam melock titik lokasi. dan Info yang terakhir adalah Sistem operasinya android Jelly Bean yang bisa diupgrade hingga versi 4.3 aja, untuk versi 4.3 kitkat belum ada informasi resmi, dan sepertinya memang tidak ada.

Sebagai tambahan, harga sony xperia M untuk sigle sim saat ini sekitar 2,3 juta, sedangkan untuk dual sim sekitar 2,4 juta.

 

  • - - - - - - - - -
  • istimewanya sony m dual, kelebihan sony xperia m, kelwbihan hp sony xperia m, m single sony bateray awet, cara bikin awet hp sony xperia m, detail hp sony xperia m2 apakah suport otg?, apakah xperia m support otg, apakah xperia m dual batreinya bisa dilepas?, xperia m usb otg, apakah sony xperia m bisa otg,

    About ridwan

    Saya Ridwan Hobi banget sama yang namanya dunia gadget,

    Check Also

    Aplikasi Android Jawab Soal Rumus Matematika jadi Mudah – Download

    Aplikasi Android untuk menjawab soal matematika Seperti yang telah kita ketahui, kebanyakan orang beranggapan bahwa …

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *