Home / tips / Cara meredupkan layar smartphone android sangat redup agar nyaman di tempat gelap

Cara meredupkan layar smartphone android sangat redup agar nyaman di tempat gelap

Cara meredupkan layar smartphone android sangat redup

Menatap layar smartphone sebelum bobok sudah menjadi kebiasaan masa kini, ngecek WA, FB atau IG menjadi sebelum tidur sebuah rutinitas wajib masa kini. Betul kan?

Terkadang ketika menjelang tidur lampu kamar sudah dimatikan, menatap layar handphone yang terang pada kondisi gelap bisa membuat mata cepat lelah bahkan sakit, tentunya berakibat tidak baik bagi mata untuk jangka panjang.

Semua smartphone android telah dilengkapi dengan fitur untuk meredupkan layar, baik secara manual ataupun otomatis menyesuaikan kondisi pencahayaan sekitar. Namun sayangnya fitur ini tidak bisa secara maksimal meredupkan layar ketika berada di tempat gelap, misalnya kamar yang tertutup rapat. Ketika diseting paling redup, layar masih terasa terang.

Salah satu contoh adalah smartphone asus zenfone selfie yang kami miliki. Ketika kami setel paling redup pun, di tempat gelap terasa masih kuat sinar dari layar. Bagi pengguna yang sudah mengalami mata silinder, ini sangat terasa sekali bagi mata.

Jadi bagaimana solusinya?

Gampang kok,

Kita gunakan saja aplikasi dari pihak ketiga yang bisa meredupkan layar secara maksimal, jadi ketika menatap layar di tempat gelap, mata kita tidak mudah lelah.

Aplikasi untuk meredupkan layar secara maksimal yang kami gunakan adalah Dimly. Kamu bisa mendapatkannya secara gratis melalui PLaystore Google.

Kelebihan Aplikasi Dimly selain untuk meredupkan layar smartphone secara ekstrim, juga disediakan sebuah fitur Blue light Filter, ketika mengaktifkan fitur ini layar tampak kekuningan, yang membuat mata terasa lebih adem.

Aplikasi ini bisa dimatikan dan dihidupkan dengan mudah seperti layaknya aplikasi lainnya.

Namun ada satu kekurangan dari aplikasi ini, yaitu ketika kamu mengaktifkan dimly lalu kamu meng capture layar atau screenshot. Hasil tangkapan layar akan tampak gelap, meskipun pada aplikasi dimply sudah diatur paling terang.

Jadi bila ingin meng captur layar, atau menangkap layar, matikan saja dulu aplikasi Dimly. Dan sebagai info tambahan, aplikasi dimply ini memang cocoknya di tempat gelap. Karena apabila kamu bawa smartphone keluar rumah ketika banyak cahaya, Dimly membuat layar tampak tidak bisa terlihat apa apa. Semoga tips Cara meredupkan layar smartphone android sangat redup di atas bisa bermanfaat bagi kamu, biar matanya tidak mudah lelah atau bahkan sakit.

About ridwan

Saya Ridwan Hobi banget sama yang namanya dunia gadget,

Check Also

Cara menambah bahasa Indonesia di Xioami redmi 1S

Beberapa waktu lalu, kami mengulas mengenai Cara Menambah Bahasa Indonesia di Xiaomi Redmi Note 3G …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *